Amnesty International didirikan pada tahun 1961. Kini, kami telah memiliki lebih dari 10 juta anggota di berbagai negara dan wilayah, termasuk di Indonesia. Kami adalah gerakan hak asasi manusia (HAM) global yang berkampanye untuk mewujudkan dunia di mana hak asasi manusia dinikmati semua orang.

Kerja apa yang kami lakukan?

Kami berkampanye, melakukan advokasi, riset, dan memobilisasi publik untuk mengakhiri pelanggaran hak asasi manusia, menghentikan penyiksaan, melindungi hak-hak mereka yang dilanggar, dan memastikan hak untuk kebebasan berekspresi, berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat dipenuhi. Kami juga memperjuangkan hak-hak ekonomi, sosial dan budaya.

AFP via Getty Images

Visi dan Misi Amnesty International di Indonesia

VISI

Menjadi organisasi yang akuntabel dengan tata kelola sehat untuk membangun gerakan HAM yang solid di Indonesia dengan melakukan advokasi perubahan kebijakan dan implementasi kebijakan yang memenuhi HAM, mendorong pembangunan komunitas yang kuat dan dapat mempertahankan hak-hak mereka sesuai dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan instrumen lainnya.

MISI

Menangani isu hak asasi manusia nasional melalui kampanye, advokasi, riset, mobilisasi publik, edukasi hak asasi manusia, dan memberdayakan masyarakat Indonesia untuk bertindak atas masalah HAM; Kami juga memiliki misi untuk menguatkan gerakan HAM secara regional dan global dengan mempromosikan hak asasi manusia secara domestik, regional, dan internasional.


Siapa yang mendanai Amnesty International?

Amnesty International didanai orang seperti kamu. Kami tidak menerima dana dari pemerintah atau badan politik. Amnesty International mendapatkan dana dari berbagai sumber, termasuk donasi individu, organisasi nirlaba, donasi anonim, lembaga filantropi, dan kampanye crowdfunding. Kami bebas dari ideologi politik, kepentingan ekonomi dan agama apapun. 

Amnesty International di Indonesia

Amnesty International Indonesia pertama kali didirikan pada tahun 2017. Pada acara tersebut, Amnesty International Indonesia meluncurkan 9 Agenda HAM yang menjadi fokus kampanye Amnesty International di Indonesia.

Sejak berdiri di Indonesia, kami aktif berkampanye dan melakukan advokasi bersama mitra dan publik untuk meningkatkan penegakan HAM di Indonesia. Memasuki tahun keenam, Amnesty International Indonesia terus gigih bekerja untuk membela hak asasi manusia di Indonesia yang ruang kebebasan sipilnya terus menyusut dan perubahan sosialnya menurun. Tantangan HAM di Indonesia antara lain ditunjukkan dengan meningkatnya sentimen terhadap minoritas agama, gender, dan orientasi seksual, kriminalisasi terhadap orang-orang yang menyampaikan pendapatnya secara damai dan berbagai pelanggaran hak lainnya atas nama perluasan infrastruktur.

Gerakan HAM global

10.000.000

10 juta orang telah bergabung bersama kami sebagai pendukung, relawan, dan aktivis yang bersam akami membantu memperjuangkan HAM.

INGIN MENJADI BAGIAN DARI GERAKAN HAM GLOBAL?

Bergabung menjadi pendukung Amnesty International Indonesia dan dapatkan kabar faktual terbaru terkait situasi HAM di Indonesia, kerja-kerja Amnesty International di Indonesia, dan bagaimana kamu dapat berkontribusi untuk dunia di mana HAM terpenuhi untuk semua orang.