Amnesty International adalah sebuah gerakan yang menentang ketidakadilan dan mempromosikan HAM. Cek kampanye dan isu yang kami perjuangkan di sini. 

KAMPANYE PRIORITAS

9 AGENDA HAM

Amnesty International menerbitkan “Prioritaskan HAM” 9 Agenda untuk Pemerintah dan Parlemen Terpilih.” Pemerintah dan parlemen punya kesempatan untuk mengubah Indonesia menjadi pionir dalam isu HAM di Asia Tenggara – peluang yang tidak boleh dilewatkan.

Dalam dokumen ini, dirumuskan beberapa isu, seperti hak atas kebebasan berekspresi, berpikir, berkeyakinan, beragama, dan berkepercayaan, pertanggungjawaban atas pelanggaran HAM masa lalu dan kekerasan oleh aparat keamanan, hak perempuan, kondisi HAM di Papua, akuntabilitas atas pelanggaran HAM oleh perusahaan di sektor kelapa sawit, penghapusan hukuman mati, dan melindungi hak-hak orang LGBTI.

Prioritaskan HAM:

9 Agenda untuk Pemerintah dan Parlemen Terpilih

UNDUH LAPORAN

ISU PRIORITAS

Melindungi Pembela HAM

Pembela HAM adalah seseorang yang berjuang agar hak asasi semua orang dipenuhi dan keadilan ditegakkan. Mereka membela hak kita untuk berekspresi, beribadah, memiliki lingkungan yang layak dan hak-hak mendasar lainnya. 

Di Indonesia, Amnesty International mendokumentasikan beberapa kasus intimidasi, serangan dan kriminalisasi yang tidak adil terhadap pembela HAM ketika mereka melakukan pekerjaan mereka. Kami berjuang agar mereka memiliki lingkungan yang aman dan bisa bekerja tanpa takut ada intimidasi.

In Memoriam: munir said thalib

baca selengkapnya

Joko PRIANTO: petani penolak pabrik semen

baca selengkapnya

Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

Banyak pelanggaran HAM berat, mulai dari yang terjadi pada masa pemerintahan Presiden Suharto pada 1966-1998, hingga periode reformasi, belum ditangani secara serius. Hukum seperti tumpul menghadapi kasus-kasus ini.  Bahkan sebagian orang yang diduga terlibat mendapat promosi jabatan.

Amnesty International Indonesia mendukung upaya korban berjuang menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu dan menyuarakan tuntutan mereka untuk keadilan dan reparasi penuh.

KAMPANYE LAINNYA

Pelanggaran HAM di Papua

Gejolak seperti tak pernah berhenti di propinsi paling timur Indonesia ini. Amnesty International terus menerima laporan tentang pembunuhan di luar hukum dan penggunaan kekuatan dan senjata api berlebihan oleh polisi dan militer selama protes dan kegiatan damai.

Amnesty International tidak mengambil posisi apapun tentang seruan kemerdekaan di Papua maupun wilayah lain di Indonesia, tapi kami percaya mereka memiliki kebebasan melakukan advokasi damai untuk mendapat referendum, kemerdekaan atau solusi politik lainnya.


Kemerdekaan Berekspresi

Sejak didirikan, Amnesty International mendukung dan melindungi orang yang berani menyuarakan pendapatnya secara damai. Kami berupaya membebaskan mereka yang dipenjara karena mengkritik pejabat publik, korporasi, maupun ideologi. Kami yakin kemerdekaan mencari, menerima dan membagikan informasi dan ide tanpa rasa takut itu penting, agar setiap orang bisa belajar, berkembang sebagai individu, menerima akses keadilan dan menikmati hak lainnya.

Amnesty melihat pihak berwenang Indonesia hingga sekarang kerap membungkam ekspresi publik mengunakan pidana pencemaran nama baik, penistaan agama dan makar. Kami berupaya agar pasal-pasal yang membatasi kebebasan berekspresi di luar batasan hukum internasional dicabut atau diubah dan para tahanan nurani yang menyuarakan pendapatnya secara damai dibebaskan.

Basuki tjahaja purnama

baca selengkapnya

Johan teterissa

baca selengkapnya