Write for Rights 2019: Lebih dari 6.5 juta pesan dukungan untuk anak muda pemberani di seluruh dunia

Setiap tahun, acara hak asasi manusia terbesar di dunia semakin besar. Write for Rights 2019 sukses digelar dengan orang-orang yang menulis jutaan pesan, yang mengubah kehidupan anak muda di seluruh dunia.

Mereka datang dalam jumlah puluhan, ratusan, bahkan ribuan. Mereka adalah siswa, orang tua, guru, teman – orang biasa yang meluangkan waktu untuk men-tweet, mengetik, menggambar, atau menulis pesan dukungan untuk seseorang yang belum pernah mereka temui. Mereka melakukan ini sebanyak 6.609.837 kali yang mencengangkan sebagai bagian dari Write for Rights 2019 – maraton penulisan surat tahunan yang telah menjadi acara hak asasi manusia terbesar di dunia.

Yang mengherankan bukanlah bahwa begitu banyak orang-orang menulis semua pesan itu – meski itu juga luar biasa. Yang mengejutkan adalah bagaimana pesan-pesan tersebut membuat perubahan bagi kehidupan anak muda pemberani yang kami dukung di Write for Rights 2019. Ini cerita tentang bagaimana tulisanmu bisa mengubah kehidupan.

Hukuman mati Magai dibatalkan


Magai Matiop Ngong baru berusia 15 tahun ketika dia dijatuhi hukuman mati di Sudan Selatan. Namun, berkat dukungan luar biasa dari orang-orang sepertimu, hukuman matinya dicabut pada Juli 2020. Orang-orang di seluruh dunia melakukan 765.000 tindakan yang luar biasa, termasuk menulis surat dan tweet, menyerukan agar nyawa Magai diselamatkan – dan berhasil. “Terima kasih banyak. Saya kehabisan kata. Tak ada yang bisa membayangkan kebahagiaan yang saya rasakan.” kata Magai.

Hukuman Yasaman dikurangi secara substansial


Pada tahun 2019, Yasaman Aryani dijatuhi hukuman 16 tahun penjara karena membagikan bunga untuk penumpang kereta tanpa mengenakan hijab. Pada Februari 2020, hukumannya dikurangi secara substansial, sebagian berkat lebih dari 1,2 juta pesan yang ditulis di seluruh dunia untuk kebebasannya. Kami tak akan berhenti sampai dia bebas.

Ayo menulis untuk perubahan sekarang. Ikuti Write for Rights 2020.