Di Yunani, kamu dapat dipenjara karena mencoba menyelamatkan nyawa seseorang.
Inilah yang terjadi pada
Sean Binder, 25,
dan Sarah Mardini, 24, ketika mereka membantu pengungsi yang
mengalami kesulitan.
Mereka terancam dipenjara hingga 25 tahun.


Sarah dan Sean bertemu ketika menjadi relawan penyelamat di Lesvos, Yunani. Sarah adalah pengungsi asal Suriah. Perjalanan Sarah ke Eropa dimuat dalam berita internasional. Dia dan saudaranya menyelamatkan 18 orang dengan cara menarik kapal yang hampir tenggelam ke tempat
aman. Sean Binder adalah anak pengungsi keturunan Vietnam. Mereka tak dapat melihat pengungsi tenggelam tanpa bertindak.

Mereka telah menyelamatkan nyawa banyak orang. Tapi, seperti banyak orang di Eropa, mereka dikriminalisasi karena menolong pengungsi. Mereka terancam 25 tahun penjara dengan dakwaan ‘penyelundupan manusia’. Mereka mendekam lebih dari 100 hari di penjara sebelum akhirnya dibebaskan dengan jaminan pada Desember 2018.

“Kerja kemanusiaan bukan tindakan kriminal maupun aksi heroik. Menolong orang seharusnya merupakan hal normal. Orang yang benar-benar menderita dan sekarat adalah pengungsi yang melarikan diri dari penyiksaan,” ujar Sean Binder.

Upaya mengkriminalisasi pekerja kemanusiaan dan mengabaikan para pengungsi di laut tidak akan membuat orang berhenti melintasi lautan, tapi hanya akan menyebabkan lebih banyak korban jiwa.

Solidaritas bukanlah kejahatan. Desak pemerintah Yunani untuk:
• Mencabut dakwaan terhadap Sarah Mardini dan Sean Binder
• Mengakui secara publik legitimasi para pekerja kemanusiaan yang mendukung hak-hak pengungsi dan migran.

Caranya mudah!

  1. Tulis desakan kamu kepada pihak berwenang. Kamu bisa mengikuti contoh teks yang kami sediakan atau menulis sendiri sesuai keinginanmu.
  2. Pilihan lainnya, kamu juga bisa cetak dan tandatangani kartu pos yang kami sediakan.
  3. Kirim tulisan atau hasil scan kartupos ke info@amnesty.id dengan subjek “Write for Rights_Nama Lengkap”.
  4. Pilihan lainnya, kamu bisa kirim kartu pos dan surat via pos ke alamat kantor kami.
  5. Kamu bisa menulis surat untuk beberapa kasus sekaligus, tanpa batasan. Semuanya akan kami sampaikan kepada pihak yang berwenang!
  6. Tenggat pengiriman surat, email atau kartu pos adalah 15 Januari 2020, pukul 17.00 WIB.