Apa itu PENA?

‘PENA: Pesan Perubahan’ adalah kampanye menulis skala nasional yang mengajak publik menyuarakan dukungan terhadap perbaikan kondisi HAM di Indonesia dan mendesak pemerintah mengambil langkah nyata untuk memenuhi, melindungi dan menghormati HAM.

Pesan kalian akan otomatis terkirim ke email pihak berwenang. Dalam rangka menyambut Hari HAM Sedunia pada bulan Desember, kami akan mengadakan serangkaian audiensi dengan perwakilan pemerintah untuk berdiskusi dan mendengar respon mereka terhadap surat-surat yang telah diterima.

Emang ada dampaknya?

Ya! Baiq Nuril, penyintas kekerasan seksual yang sempat terancam pidana karena dikriminalisasi, mendapat amnesti setelah pemerintah dibanjiri desakan publik. Lebih dari 317.000 orang tanda tangan petisi dan ribuan orang kirim surat dukungan.

Mahadine, seorang aktivis asal Chad, Afrika Tengah, dibebaskan pada 5 April 2018 setelah menghabiskan lebih dari 18 bulan penjara atas tuduhan palsu. Sebelumnya, Mahadine divonis hukuman seumur hidup karena posting Facebook yang mengkritik pemerintah. Lebih dari 690.000 orang di seluruh dunia menulis surat untuk membebaskan Mahadine.

Apa saja isu yang diangkat PENA tahun ini?

Tahun ini kami mengangkat 5 isu HAM: usut tuntas pembunuhan Munir Said Thalib, tuntaskan pelanggaran HAM masa lalu Tragedi Semanggi I dan II, lindungi hak tenaga kesehatan di masa pandemi COVID-19, lindungi HAM di Papua dan sahkan RUU PKS. Ingin tahu lebih lanjut? Baca selengkapnya melalui tautan di katalog kami, ya! 

Saya mau ikut PENA! Bagaimana caranya?

Caranya mudah! Kamu bisa menulis surat online kepada pemerintah di website kami, amnesty.id/pena. Klik menu ‘tulis dukunganmu’. Setelah selesai menulis, klik kirim dan secara otomatis suratmu akan terkirim ke pemangku kebijakan terkait.Kunjungi tautannya di katalog profil kami, ya!

Apakah saya harus berpartisipasi dalam semua kasus yang diangkat PENA?

Kamu bebas memilih isu manapun,  atau semuanya juga boleh! Kamu bisa mulai menulis isu yang paling relevan dan dekat dengan kamu. Suratmu akan sangat berarti bagi pemajuan HAM di Indonesia.

Apa yang harus saya tulis dalam surat digital?

Kamu bisa menuliskan desakanmu kepada pemerintah tentang isu yang kamu pilih dan alasan isu tersebut penting diperjuangkan. Tulis dengan kreativitasmu dan gunakan bahasa yang baik dan sopan ya. Masih bingung? Kamu bisa pakai template yang sudah tersedia di halaman aksi.

Psst, akan ada pelatihan menulis bersama mentor ahli juga lho–ikuti terus linimasa media sosial dan website kami, ya!

Apakah informasi pribadi saya akan aman?

Tentu saja! Datamu aman bersama kami. Semua suratmu akan dikirimkan ke pemerintah melalui email khusus yang dibuat oleh PENA. Jika kami ingin mempublikasikan suratmu, kami pastinya akan menghubungimu terlebih dahulu.

Apakah kegiatan ini berbayar?

Kegiatan ini gratis! Tunggu apalagi? Yuk, ajak kawan-kawanmu berpartisipasi! Jika kamu ingin menggelar acara PENA di komunitasmu, hubungi kami untuk diskusi lebih lanjut seputar kebutuhan acara.

Apa yang akan saya dapatkan dari kegiatan ini?

Kontribusi kamu sangat berarti untuk kemajuan HAM di Indonesia. Setiap bulan kami akan memilih beberapa surat menarik yang akan kami tampilkan di akun media sosial kami sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang sudah menulis surat. Kamu juga berkesempatan ikut audiensi publik bersama pejabat pemerintah atau anggota parlemen.