BERITA: Direktur Amnesty International Turki harus dibebaskan dari penahanan incommunicado

6 JULI 2017

Merespon berita bahwa Idil Eser, Direktur Amnesty Internasional Turki ditahan Rabu lalu (5/7) bersama dengan tujuh orang aktivis HAM lainnya dan dua orang pelatih dalam acara pelatihan tata kelola informasi dan keamanan digital di Büyükada, Istanbul, Salil Shetty, Sekretaris Jenderal Amnesty International menjelaskan:

“Kami sangat marah dan terganggu atas penangkapan tak beralasan yang dilakukan terhadap beberapa aktivis HAM di Turki, termasuk Direktur Amnesty International.”

“Penangkapan incommunicado yang mereka alami ketika mereka menghadiri acara pelatihan rutin adalah bentuk penyalahgunaan kekuasaan, serta menegaskan kembali situasi genting yang sedang dialami oleh aktivis HAM di negara tersebut. Idil Eser dan mereka yang ditangkap bersamanya, harus segera dibebaskan tanpa syarat apapun.

“Para pemimpin negara yang saat ini sedang bertemu di Berlin telah permisif atas kejatuhan Turki. Dengan keberadaan Presiden Erdogan di antara mereka, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyuarakan dan menuntut pembebasan para aktivis HAM dengan lantang.”

Latar Belakang

Keberadaan Idil Eser dan aktivis HAM yang ditahan lainnya saat ini tidak diketahui.

Idil Eser dan tahanan lainnya tidak disediakan pendampingan hukum, sementara hal ini merupakan kewajiban polisi dalam rentan 24 jam penangkapan. Hak untuk bisa mengontak anggota keluarga juga harus dipenuhi sesegera mungkin.

Polisi menyatakan bahwa para pengacara akan diberikan informasi pada pukul 14.30 WIB pada Kamis (6/7).

Selain Idil Eser, tujuh aktivis HAM lain yang ditangkap adalah: Ä°lknur Ãœstün (Women’s Coalition), Günal KurÅŸun (pengacara, Human Rights Agenda Association), Nalan Erkem (pengacara, Citizens’ Assembly), Nejat TaÅŸtan, (Equal Rights Watch Association), Özlem Dalkıran (Citizens’ Assembly), Åžeyhmuz Özbekli (pengacara) Veli Acu (Human Rights Agenda Association).

Dua Warga Negara Jerman dan Swedia, juga pemilik hotel, dturut ditahan.

Penahanan ini terjadi kurang dari sebulan setelah Kepala Amnesty International Turki, Taner Kiliç, ditahan tanpa ada dasar yang jelas.

Dokumen Publik
****************************************

Untuk informasi lebih lanjut atau untuk elakukan wawancara, hubungi Kantor Pers Amnesty Inbternational London, Inggris melalui:
+44 20 7413 5566 or
email: [email protected]
twitter: @amnestypress

International Secretariat, Amnesty International, 1 Easton St., London WC1X 0DW, UK

Topik

X